Direktur RSUD berharap dapat penilaian akreditasi paripurna tahun ini

Majene- Rumah Sakit Umum Daerah( RSUD) Kabupten majene Telah Di survey Akreditasi oleh lembaga akreditasi Rumah sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) selama 3 hari yaitu tgl 11,15 dan 16 November 2023.

Kegiatan survey Akreditasi ini adalah untuk peningkatan mutu pelayanan Rumah sakit dan keselamatan pasien sehingga tercapai tata kelola Rumah Sakit dan tata kelola klinis yang baik serta sebagai pelaksanaan program pembangunan kesehatan nasional perlu dilakukan akreditasi sesuai dengan standar akreditasi.

Direktur RSUD Kab.majene dr Nurlinah,, Sp.P Menyampaikan” Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Dalam memberikan pelayanan, Rumah sakit harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien. Pemenuhan mutu pelayanan di Rumah sakit di lakukan dengan 2 cara yaitu peningkatan mutu secara internal dan external” ungkap di Rektur RSUD dr. Nurlinah saat di wawancarai Rabu, 15 November 2023

Kata,dia Dalam Peningkatan mutu internal adalah upaya yang dilakukan oleh Rumah sakit itu sendiri secara berkala antara lain penetapan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi indikator mutu serta pelaporan insiden keselamatan pasien. Karakter pelayanan bermutu antara lain: aman, tepat waktu, efisien, efektif, berorientasi pada pasien, adil dan terintegrasi.
secara internal Peningkatan mutu menjadi hal terpenting bagi Rumah sakit untuk menjamin mutu pelayanan. Sedangkan Peningkatan mutu external salah satunya adalah akreditasi,”ujarnya

Lanjut ia katakan Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit setelah dilakukan penilaian bahwa Rumah Sakit telah memenuhi standar akreditasi yang telah disetujui oleh pemerintah.olehnya itu kami berharap pada penilaian akreditasi kali ini, RS memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan yaitu “Paripurna”. Dalam mencapai hal tersebut kami telah melakukan persiapan dan berupaya memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan,” harapnya

Asisten 1 bidang pemerintahan “Mustamin berharap dengan adanya Akreditasi di Rumah Sakit pelayanan semakin meningkat dan dapat mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti pasien gawat darurat dapat segera ditangani sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di Rumah sakit.

Hadir dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Asisten 1 bidang pemerintahan sebagai representatif dari pemilik Rumah sakit yaitu Kepala daerah kabupaten Majene. Hadir juga Dewan pengawas RS sekaligus Kadinkes dr. Rahmat Malik dan Rusdi Hamid.,SKM.,M.Kes sebagai anggota dewas. (Bhr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *