drg Ulfah Hadiri Gerakan Cegah Stunting di UPTD SMPN 5 Barru dan UPTD SMPN 10 Barru

Kosongsatunews-Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru, drg. Hj. Ulfah Nurul Huda Suardi, MARS, menghadiri acara “Gerakan Cegah Stunting dan Aksi Bergizi” yang dilaksanakan di UPTD SMPN 5 Barru Kecamatan Tanete Rilau dan UPTD SMPN 10 Barru Kecamatan Tanete Riaja. Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Barru. Senin 29 Juli 2024

Dalam sambutannya di Aula UPTD SMPN 5 Barru, Dokter Ulfah, yang juga dikukuhkan sebagai Duta Inovasi Parenting (Pemberdayaan Remaja Peduli Stunting) di sekolah tersebut, menekankan pentingnya upaya pencegahan stunting dari berbagai sisi.

“Pemerintah Kabupaten Barru berkomitmen untuk melakukan percepatan penanganan stunting dari hulu ke hilir, bukan hanya fokus kepada anak bayi tetapi juga remaja, wanita usia subur, calon pengantin, ibu hamil, ibu melahirkan, dan ibu menyusui, dengan harapan tidak ada lagi penambahan kasus stunting di daerah kita,” ujarnya.

Dokter Ulfah juga menekankan pentingnya kesehatan anak-anak untuk mempersiapkan Generasi Emas tahun 2045. Ia mengatakan bahwa menjaga kesehatan anak-anak bukan hanya menjadi tugas orang tua tetapi juga guru dan pemerintah.

“Investasi besar bagi negara kita bukan hanya SDA (Sumber Daya Alam) tetapi SDM (Sumber Daya Manusia),” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Dokter Ulfah memberikan edukasi mengenai pola hidup sehat, pentingnya makanan bergizi, penggunaan tablet penambah darah, dan pencegahan stunting, khususnya bagi remaja putri yang akan menjadi calon ibu di masa depan.

Tim dari Dinas Kesehatan juga melakukan pemeriksaan Lingkar Lengan Atas kepada para siswi untuk mendeteksi kondisi KEK (Kekurangan Energi Kronik) serta memberikan tablet tambah darah.

Khusus kepada para Duta Inovasi Parenting yang baru dikukuhkan, Dokter Ulfah menyampaikan apresiasi. “Kalian merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Barru dalam program pencegahan dan percepatan penurunan penurunan stunting di sekolah,” katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan kepala UPTD SMPN 5 Barru atas kerjasama dan dukungan dalam acara ini.

Setelah kegiatan di UPTD SMPN 5 Barru, Dokter Ulfah dan tim melanjutkan kegiatan serupa di UPTD SMPN 10 Barru Kecamatan Tanete Riaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *