Mengintip Desa Bonto Tengnga Sinjai

SINJAI, Kosongsatunews.com – Getaran pembangunan merambah dari kota sampai pelosok seiring kehadiran anggaran desa, berdampak positif bagi kemajuan perekonomian. Rancangan pembangunan berdasarkan skala perioritas, lahir dari usulan masyarakat menjadi warna tersendiri bagi rakyat “Bumi Panrita Kitta” gelar Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

Secara umum ada kemajuan signifikan, terkhusus Desa Bonto Tengnga, Kecamatan Sinjai Borong, geliat sukses menyajikan pembangunan melalui anggaran desa setiap tahunnya. Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DDS), dikelola dengan baik, melibatkan masyarakat mulai dari pengusulan sampai pada tahap pelaksanaan. Puluhan titik infrastruktur sudah terbangun di empat dusun dengan jumlah penduduk sekitar 1600 jiwa.

“Kita fokus benahi infrastruktur dan ini berdasarkan usulan masyarakat melalui Musrembang” Ungkap Kaswan Mahmud Kades Bonto Tengnga saat media ini berkunjung kesana minggu lalu.

Secara visual, ada kemajuan pembangunan sejak dirinya diberi “amanah” memimpin Desa Bonto Tengnga, lewat pemilihan kepala desa 3 tahun lalu. Dimana pelaksanaan pembangunan dengan sistem pemberdayaan diterapkan, jelas ada nilai tambah bagi penghasilan warga.

“Kita libatkan langsung masyarakat disetiap pekerjaan, hal ini sesuai regulasi dana desa yang aturannya adalah 30 Persen HOK (Harian Orang Kerja) dari total anggaran disetiap titik pelaksanaan kegiatan” Jelasnya.

Selain pengembangan infrastruktur jalan, sarana umum penunjang pelayanan prima bagi warga turut digodok, diantaranya adalah kantor desa berhasil direnovasi, begitupun sarana lainnya ditingkatkan. Ada “signal” ke depan desa ini semakin maju.

“Semua lini kita tingkatkan, demi kemajuan perekonomian warga” Jelasnya.

Menelisik lebih jauh, Bonto Tengnga dikenal masayarakat luas lewat wisata Pattiro-Tiroang, dengan panorama alam memukau. Detetan pengunungan, menyapa wisatawan yang berkunjung kesana.

“Alhamdulillah, kita sudah mengembangkan potensi wisata desa, dan saat ini wisata Pattiro-Tiroang banyak diminati pengunjung” Tutupnya. (Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *