Samaturue Sinjai Hadirkan Infrastruktur Berkualitas

SINJAI, Kosongsatunews.com – Peningkatan infrastruktur mewarnai perjalanan Desa Samaturue, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan mengutamakan kualitas, nampak sejumlah sarana jalan dibangun melalui anggaran desa setiap tahunnya. Tujuannya, memudahkan aktifitas, bermuara pada peningkatan ekonomi rakyat.

“Pelaksanaan pembangunan melibatkan masyarakat. Sebagai ketua BPD saya selalu melakukan pengawasan demi terwujudnya pembangunan berkualitas” Ungkap Saenal Alam, Ketua BPD Desa Samaturue, saat media ini berkunjung kesana belum lama ini.

Saenal Alam Ketua BPD Desa Samaturue

Lanjut dikatakan, dengan sistem pemberdayaan sejumlah infrastruktur berhasil dibangun salah satunya adalah pembangunan jalan rabat beton, Hombes Raya Dusun Balangpesoang Rilau. Jalan ini menelan anggaran sekitar Rp 138 juta, dengan volume panjang 150 M, lebar 3,5 M dengan ketebalan 15 Cm.

“Rabat beton jalan Hombes Raya dibangun tahun 2019, dalam pelaksanaannya melibatkan warga setempat dan kami dari pihak BPD melakukan pengawasan setiap saat di lokasi ini” Jelasnya, sambil menunjuk jalan rabat beton yang dibangun tahun lalu.

Pembangunan Jalan Rabat Beton Jalan Hombes Raya Anggaran 2019

Lebih jauh dikatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja pemerintah dalam hal ini Kades Samaturue bersama aparaturnya, mampu merealisasikan anggaran desa setiap tahunnya.

“Sejak kepemimpinan Palewai, SE, sebagai kades Samaturue sudah puluhan titik infrastruktur berhasil dibangun dan setiap kegiatan melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan (pengusulan) sampai pada tahap pelaksanaan. Saya sebagai BPD salut atas kerja kerasnya selama ini” Ujarnya.

Selain melibatkan masyarakat, anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DDS) dikelola secara transparan. Salah satu bentuk transparansi dengan mengumumkan anggaran rencana penggunaan anggaran desa melalui baliho dipajang di tempat yang mudah disaksikan masyarakat.

“Anggaran desa diumumkan melalui baliho dan setiap titik pekerjaan ada papan proyek yang memudahkan masyarakat mengawasi setiap kegiatan” Bebernya.

Selain peningkatan infrastruktur jalan, sarana umum penunjang pelayanan masyarakat digodok dengan harapan terciptanya pelayanan prima bagi warganya.

“Untuk sarana umum ada peningkatan, seperti kantor desa sudah direnovasi, begitupun gedung serba guna sudah terbangun” urainya.

Terpisah, Palewai, SE Kades Samaturue, yang ditemui media ini mengatakan, jabatan yang diembangnya adalah “amanah” harus dijalankan dengan baik. Makanya itu, pihaknya senantiasa membetikan pelayanan yang baik terhadap warganya.

“Alhamdulillah sudah tiga tahun menjabat dan kita selalu berusaha bekerja sesuai aturan. Keterlibatan masyarakat dalam pembangunan, serta transparansi pelaksanaan setiap kegiatan selalu kita utamakan dengan harapan desa kami ini lebih maju” Tuturnya.

Pengmbangan Bakat Generasi Muda Melalui OpenTurnamen Sepak Takraw

Lebih jauh disebutkan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola Sumber Daya Alam (SDA), juga menjadi bidikannya. Pelatihan aparatur desa dan para kelompok tani merupakan salah satu program, diselah pembangunan infrastruktur.

“Fokus kita bukan hanya di infrastruktur tapi kita juga melakukan berbagai kegiatan peningkatan SDM dan selain itu ada kegiatan pengembangan bakat generasi muda melalui kegiatan olahraga setiap tahunnya” Tutupnya.(Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *