Tingkatkan Kualitas Layanan dan Pembinaan Keagamaan bagi WBP, Lapas IIA Parepare Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

kosongsatunews.com, PAREPARE— Selasa, 26 September 2023. Bertempat di Masjid At-Taubah Lapas IIA Parepare telah dilaksanakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H /2023 M. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pejabat Struktural Eselon IV V dan Pejabat Fungsional Umum dan Tertentu Lainnya serta Warga Binaan Lapas IIA Parepare yg beragama Islam.

Adapun tema peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1445 H / 2023 M adalah Meneladani Akhlak Nabi Muhammad Saw Sebagai Bekal Membangun Pribadi Yang Unggul.

Diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Warga Binaan an Suardi. Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Maulid Nabi Muhammad Saw KASI BINADIK Lapas Kelas IIA Parepare SIMUNG, S.Ag. M.M. berkenan membuka acara dan memberikan sambutan serta berpesan kepada seluruh WBP dan Petugas Lapas Parepare bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita bisa menerapkan tauladan Rasulullah dalam kegiatan sehari-hari serta mendapat pertolongan di akhirat kelak.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan Hikmah Maulid yg dibawakan oleh Ustadz ASMAN, S.Ag., M.Pd dari Kantor Kementerian Agama Kota Parepare dengan Tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai Bekal Membangun Pribadi yang Unggul”. Dimana dalam ceramahnya disampaikan dengan mengutip dari sebuah hadits riwayat Tirmidzi sebagaimana dijelaskan oleh Salman Ayashi dalam bukunya yang berjudul Dasyatnya Senyuman, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Senyummu untuk saudaramu adalah sedekah. Usahamu untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang keburukan adalah sedekah.

Usahamu untuk menuntun seseorang yang tersesat menuju jalan yang lebih baik adalah sedekah. Memberikan yang kita miliki adalah sedekah. Menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah. Pandanganmu yang peduli kepada mereka yang buruk rupa adalah sedekah. Sedekah yang paling tinggi nilainya adalah nafkah yang diberikan suami kepada istrinya.” (HR. Tirmidzi).

Diakhir ceramahnya Ustadz ASMAN, S.Ag., M.Pd menyampaikan bahwa Rasulullah Muhammad SAW adalah Teladan Terbaik Sepanjang Zaman (Kajian Dari Sudut Pandang Tauhid) Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. Pola hidup sederhana Nabi Muhammad SAW merupakan contoh yang baik bagi seluruh umat manusia. Dia mengajarkan kesetaraan, kemanusiaan dan hak-hak perempuan . Beliau adalah teladan yang menunjukkan kepada pengikutnya nilai kerendahan hati dalam kehidupan bermasyarakat dan kesederhanaan dalam kehidupan berkeluarga.

Acara ditutup dengan persembahan Sholawat Nabi oleh santri WBP Lapas Kelas IIA Parepare hasil binaan dan bimbingan tim penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Parepare tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama.

Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2023 M berjalan dengan hikmat lancar dan tertib.

Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Lapas IIA Parepare terus bertekad meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan.
Kami bangga dan bahagia bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *