TR Fahsul Falah Apresiasi DLHK Wujudkan Sinjai Go Green

Selain 8 Program prioritas, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai yang dinahkodai Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah juga memiliki sejumlah program unggulan.

Program unggulan yang dimaksud diantaranya pengurangan sampah dengan 3 R, pengelolaan limbah plastik dari budidaya rumput laut, Sinjai Go Green dengan Motor Listrik dan perdagangan karbon (carbon trade).

Dari sekian program unggulan Pemkab Sinjai ini siap untuk diwujudkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai.

“Ini adalah program unggulan Pj Bupati Sinjai yang akan kita laksanakan pada tahun ini,” beber Kepala DLHK Sinjai, H Sofwan Sabirin.

Sofwan mengaku untuk mempercepat program unggulan tersebut, pihaknya telah membentuk tim untuk masing-masing program.

“Kami juga sudah menyusun rencana aksi untuk kegiatan ini nantinya,” katanya pada Rabu (10/1/2024) kemarin.

Dijelaskan, program Sinjai go green dengan motor listrik dalam rangka pemanfaatan sarana transportasi yang ramah lingkungan, sehat dan tidak menimbulkan polusi serta lebih hemat dari sisi ekonomi.

Sebagai tahap awal, penggunaan motor listrik ini akan diawali oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Sinjai dan harga kendaraan ini akan disubsidi oleh Pemerintah Pusat.

“Motor listrik ini diproduksi dalam negeri sehingga ini merupakan bagian dari program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) yang merupakan salah satu program prioritas Pj Bupati Sinjai,” jelasnya.

Untuk Program perdagangan karbon bertujuan untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca sebagai upaya mengendalikan perubahan iklim baik dikawasan hutan mangrove maupun di Taman Hutan Raya (Tahura).

Lebih lanjut dikatakan, Program pengurangan sampah dengan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengelola sampah.

“Program 3R ini berbasis partisipasi masyarakat di lingkungan pemukiman yang ditetapkan sebagai lokus pencegahan stunting,” kata Mantan Camat Sinjai Utara ini.

Sedangkan program pengelolaan limbah plastik dari budidaya rumput laut merupakan salah satu upaya mengatasi sampah plastik disekitar perairan khususnya di tempat budidaya rumput laut.

“Program ini dalam upaya bagaimana sampah plastik yang dibuang ke laut bisa diatasi sehingga produksi rumput laut tetap berkualitas,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah mengapresiasi komitmen Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sinjai.

“Saya yakin dengan kerja keras dan kolaborasi, kita dapat mencapai tujuan bersama,” kata Bupati.

Diharapkan bahwa melalui sinergi antara pemerintah dan masyarakat, program unggulan ini dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat Kabupaten Sinjai. (Adv/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *