Gemuruh Pilkada Gowa 2024, Berharap Daerah ini lebih Maju lagi

Pilkada Gowa 2024 tidak lagi terasa, akan memasuki babak penentuan pertarungan yang sesungguhnya. Ketika, pendaftaran di KPU telah dibuka (Agustus 2024), dan para calon kontestan telah resmi mendaftar dan terdaftar, tentunya persaingan sehat pun dimulai.

Di daerah ini, kemajemukan pola pikir dan pola laku masyarakatnya terus berdinamika, dalam proses tumbuh kembangnya tingkat Sumber Daya Manusia (SDM), yang semakin meningkat secara signifikan. Pada sisi ini, patut disyukuri karena muara ini hadir, dengan semakin terbukanya serta meningkatnya tingkat kesadaran dan kecerdasan para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya. Juga, patut disyukuri, karena di Kabupaten Gowa yang tercinta ini, Program Pendidikan Gratis dan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) masih tetap diberlakukan secara maksimal, kontinyu dan komprehensif.

Pencetus awal dari lahirnya pendidikan gratis pun, tetap harus diingat, dikenang, dan diapresiasi atas inovasi brillian, karena dirinya mampu mengejawantahkan lompatan fantastis ini, untuk membantu meringankan beban dari para orang tua di Kabupaten Gowa.

Alm Dr Ichsan Yasin Limpo SH MH (mantan Bupati Gowa, 2005–2015), dengan lompatan berpikirnya, telah menyumbangkan kebaikan yang penuh kebaikan untuk masyarakat kecil dan kurang mampu. Masyarakat Gowa, selayaknya untuk selalu mendoakannya. Aamiin.

Adapun, perhelatan akbar pemilihan umum yang secara langsung ini, yakni Pilgub, Pilwali serta Pilkada akan berlangsung pada November 2024.

Pesta demokrasi ini, diharapkan pada saat semua proses dan setelah prosesnya akan berlangsung secara aman, damai dan terkendali secara menyeluruh serta berkesinambungan.

Layaknya sebuah pesta, maka tentu kebersamaan dalam kegembiraan dari semua kandidat dan para pemilihnya, hendaknya terus dihadirkan. Juga, saling mengingatkan serta saling memperingatkan satu sama lain, walau berbeda tujuan atau pun pilihan. Sehingga hal-hal negatif atau pun anarkis, dapat terhindar selalu dan selamanya.

Hakekatnya, daerah ini hendaknya dibangun dan senantiasa untuk bersama-sama di dalam memajukan pembangunannya. Bukan, dengan berlomba-lomba menyemarakkan saling mencela, black campaign, yang dapat berujung tindakan anarkis serta pelanggaran hukum.

Semua bakal calon bupati dan wakil bupati, yang diprediksi akan maju dalam kontestasi pemilihan langsung ini, adalah tetap manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Hingga, peluang kemenangan yang dimilkinya, juga sama.

Kuat dugaan, kemenangan akan ditentukan oleh kemaksimalan tingkat keseriusan, dari tiap kandidat dan seluruh tim yang ada. Ikhtiar dan doa tetap menjadi bagian utama dari hal tersebut.

Pertarungan manajemen, dari tiap kandidat merupakan suatu hal yang hampir mutlak guna dihadirkan dalam meraih kemenangan.

Penguasaan managerial secara tertulis dan tak tertulis dari tiap kandidat atau pun tim, akan merupakan center point dari keunggulan yang bermuara, dapat menjadikan suatu kandidat atau kontestan dengan mulusnya menjadi pemenang pada Pilkada Gowa 2024 ini.

Idealnya, kelengkapan tiap struktur yang masuk dalam skala diperlukan, harus hadir dan dihadirkan saat ini, bukan menunggu pada saat nanti selesai pendaftaran di KPU, baru dihadirkan.

Ini pertarungan dan bukan permainan. Yang dibutuhkan adalah petarung, bukan pemain.

Dalam pertarungan, tentu banyak hal yang dipertaruhkan (baik secara langsung maupun tak langsung). Berbeda, dengan permainan yang didominasi dengan unsur main-main, dan kerugiannya pun relatif sedikit ketika kalah/gagal.

Sedikit hal, yang tak kalah pentingnya adalah saling menjaga kebersamaan dan kekompakan, guna hadirnya harmonisasi komunikasi atau terjaganya dan semakin eratnya silaturrahim diantara para calon kandidat, serta para tim dan pendukung.

Hadirkan kemenangan, dengan menghindari kecurangan dan saling menyakiti. Karena, meraih kemenangan Pilkada ke depan ini bukanlah puncak hakiki dari tujuan hidup dan kehidupan di dunia ini.

Demikian sumbangsih pikiran ini, sebagai salah satu manifestasi atau pun refleksi dari salah seorang Rakyat Gowa, yang sangat menginginkan Kabupaten Gowa ini lebih maju dan lebih maju lagi di masa-masa yang akan datang. Aamiin.

Penulis pun menyadari, bahwa tulisan ini masih sarat dengan keterbatasan di sana sini. Mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalam.

SYAHRIR AR
Gowa, Sabtu 8 Juni 2024

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *