Wakajati Sulsel Ikuti Pembukaan Rakernis Kejaksaan RI 2024

Makassar,— Rabu (04/09/2024), Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Dr. Teuku Rahman, SH., MH., didampingi oleh Kabag TU dan para koordinator, menghadiri pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang/Badan Kejaksaan RI Tahun 2024. Acara ini dilaksanakan secara daring dari aula lantai 2 Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan secara resmi dibuka oleh Jaksa Agung, ST Burhanuddin.

Rakernis 2024 kali ini mengusung tema “Kejaksaan yang Profesional dan Berintegritas dalam Rangka Mendorong Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.” Dalam sambutannya, Jaksa Agung Burhanuddin menekankan pentingnya Rakernis sebagai momentum untuk mendorong, mengoordinasi, memonitor, dan mengevaluasi capaian kinerja Semester I Tahun 2024.

Rakernis juga berfungsi untuk mencari solusi atas berbagai isu strategis yang dihadapi oleh masing-masing bidang dan badan demi peningkatan kualitas kinerja di masa mendatang. “Forum ini harus dimanfaatkan secara maksimal sebagai wadah untuk membangun kesamaan pikiran, pandangan, pemahaman, dan tindakan dalam mencari solusi pemecahan masalah, kendala, dan hambatan, baik teknis maupun non-teknis, yang bersifat yuridis maupun non-yuridis, dalam pelaksanaan tugas penegakan hukum,” ujar Jaksa Agung.

Burhanuddin menambahkan bahwa tema Rakernis tahun ini sangat relevan dengan konteks pembangunan nasional. Visi ini menekankan peran penting Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang tidak hanya cepat, tetapi juga merata dan berkelanjutan. “Diharapkan aparatur Kejaksaan dapat menjadi personel yang andal, profesional, inovatif, dan berintegritas, sehingga mampu mendukung produktivitas untuk percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, demi mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila serta visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden RI,” jelas Burhanuddin.

Selain itu, Jaksa Agung berharap Rakernis kali ini dapat membahas isu-isu teknis secara mendalam, menyusun strategi, dan mengambil keputusan terkait pelaksanaan program atau kegiatan di masing-masing bidang dan badan. “Rakernis merupakan upaya melakukan evaluasi capaian kinerja dengan menganalisis hasil yang telah dicapai, mengidentifikasi kekurangan, dan mencari solusi untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang,” tambahnya.

Wakil Jaksa Agung, Feri Wibisono, yang turut memberikan pengarahan dalam pembukaan Rakernis 2024 ini, menekankan pentingnya reformasi birokrasi demi peningkatan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kejaksaan RI, di mana saat ini nilai SAKIP Kejaksaan masih berada pada grade B. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *