Dirbinmas Polda Sulsel Gelar Sosialisasi dan Edukasi untuk Pilkada Damai 2024

MAKASSAR – Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol H. A. Heru Santo, S.St, Mk, SH, MH, membuka acara sosialisasi dan edukasi yang dilaksanakan di Hotel Dalton pada Rabu, 11 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mempersiapkan langkah-langkah strategis dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024 yang damai, aman, dan kondusif.

Kombes Heru menekankan pentingnya mencermati dinamika lingkungan strategis serta isu global yang dapat memicu potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama tahun politik. “Langkah antisipatif diperlukan untuk meredam setiap potensi gangguan kamtibmas secara dini. Acara ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas kita semua,” ujarnya.

Beliau juga menggarisbawahi peran penting dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, TNI/Polri, dan pihak terkait lainnya dalam memastikan kelancaran dan keamanan pemilu. Kolaborasi yang erat antara berbagai institusi dianggap krusial dalam menjaga stabilitas selama proses pemilihan berlangsung hingga November 2024 mendatang.

Sosialisasi ini diisi oleh sejumlah narasumber berkompeten, salah satunya Kabag Hukum Provinsi Sulsel, Rahmansyah, yang mengangkat tema “Sinergitas dan Kemitraan dalam Penyelenggaraan Pilkada serta Potensi Masyarakat dalam Mewujudkan Pilkada Damai.” Selain itu, Dirintelkam Polda Sulsel turut memberikan paparan terkait peta kerawanan yang berpotensi muncul selama proses Pilkada.

Tak hanya itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulsel dan Akademisi Universitas Hasanuddin, Sakka Pati, turut menyampaikan pandangannya mengenai peran “Polisi RW” serta masyarakat sebagai pengawas eksternal dalam menjaga kondusifitas pemilu.

Acara ini dihadiri oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai lintas sektor, memperkuat upaya bersama dalam menjaga keamanan dan kedamaian pelaksanaan Pilkada 2024. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *