Ini Sederet Tempat Outing Class SD Inpres BTN IKIP II

KOSONGSATUNEWS.COM – Memahami materi dengan lebih mudah melalui pendekatan dan melihat realita sesungguhnya merupakan salah satu tujuan diadakannya kegiatan Outing Class.

Dengan demikian, Outing Class atau kegiatan belajar mengajar diluar kelas adalah media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik yang bukan didasarkan dari teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung.

Selasa (26/09), peserta didik SD Inpres BTN IKIP II Makassar mengunjungi sejumlah tempat bernilai sejarah. Ditemani beberapa guru pendamping, seluruh peserta didik diajak belajar langsung tentang sejarah dan budaya masyarakat masa lampau.

Sederet lokasi dan tempat yang dikunjungi siswa siswi SD Inpres BTN IKIP II tersebut dalam rangka kegiatan Outing Class.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPT SPF SD Inpres BTN IKIP II H. Kianto, S.Pd M.Pd kepada media ini
melalui media sosial.

“Kegiatan outing class kemarin, mengunjungi 3 tempat yaitu Museum Kota Makassar (MKM), Tempat Pembuatan Kapal Legendaris Pinisi dan Mesjid Kubah 99,” Tulis H. Kianto, Rabu (27/9/2023) pagi.

Lanjut disampaikan bahwa dalam kunjungan ke museum kota Makassar, peserta didik belajar sejarah kota Makassar dan diperkenalkan benda-benda peninggalan sejarah masa lampau. Peserta didik juga diajak mengunjungi Walking Through A Songline, kegiatan pameran terkait pengetahuan tentang budaya dan kehidupan suku Aborigin yang merupakan penduduk asli Australia.

Mengunjungi museum merupakan program pemerintah yang perlu di apresiasi. Karena dengan program tersebut tidak saja dapat menginformasikan
mengenai sejarah melainkan juga akan menumbuhkan kreativitas dan karakter siswa.

Usai di museum kota Makassar, berikutnya outing class SD Inpres BTN IKIP II dilanjutkan di tempat pembuatan kapal Pinisi di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, jalan Metro Tanjung Bunga.

Di tempat ini, peserta didik di hadapkan pada obyek secara langsung sehingga mendapatkan wawasan dan informasi tentang data sejarah kapal Pinisi disertai penjelasan tentang proses pembuatan Pinisi yang masih dilakukan secara tradisional.

Tempat yang terakhir dikunjungi dalam rangkaian kegiatan outing class adalah Mesjid Kubah 99. Saat berada ditempat ini, peserta didik tidak saja menyaksikan kemegahan mesjid namun juga menyempatkan diri melakukan shalat berjamaah. (#RR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *