Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SMPN 27 Berlangsung Khidmat, Guru dan Siswa Terima Award Dari Kepala Sekolah

KOSONGSATUNEWS.COM – Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, institusi pendidikan SMP Negeri 27 Makassar memberikan Award atau penghargaan kepada sejumlah guru dan peserta didik atau siswa siswi.

Mereka dianugerahi penghargaan karena dianggap memiliki keteladanan, kemampuan dan dedikasi membantu sekolah serta kepedulian pengembangan anak didik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala UPT SPF SMP Negeri 27 Makassar H. Nurdin, S.Pd SH M.Pd disela Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10/2023).

Masing-masing penerima penghargaan, antara lain, siswa kelas IX-2 Andi Muhammad Novandra dan siswa kelas IX-4 Muhammad Ichsan yang dianggap berprilaku baik dengan selalu menjaga kebersihan kelasnya saat jam pulang sekolah. Siswa kelas VIII-5 Suci Ramadani karena kejujurannya melaporkan uang dan handphone yang ditemukan di kelas. Sementara lima siswa lainnya menerima penghargaan karena berhasil menjawab kuis yang diberikan.

Sahria sebagai guru motivator, Naston sebagai guru aktif mempublikasikan pemberitaan sekolah, Nur Annisa Yusuf sebagai guru kolaborator orang tua siswa, Nurhudaya sebagai guru pegiat Adiwiyata sekolah dan Djumriah sebagai guru pegiat kegiatan religi siswa.

Usai menyerahkan penghargaan, Kepala SMPN 27 Makassar menyampaikan selamat dan apresiasinya ke jajaran guru dan para peserta didik. Karena penghargaan ini merupakan salah satu prestasi dan menjadi motivasi tersendiri bagi penerima.

“Penghargaan ini diberikan kepada guru sebagai bentuk apresiasi sekolah terhadap guru-guru yang telah berdedikasi lebih bagi pengembangan anak didik dan sekolah,” sebutnya.

Melalui momen hari Kesaktian Pancasila dia juga sekaligus mengajak kepada segenap warga sekolah (kepala sekolah, guru, orang tua, peserta didik) untuk lebih bersemangat lagi dalam membangun sinergi dan kekompakan. Sebab tanpa kolaborasi, manajemen dan program satuan pendidikan SMPN 27 tak akan berjalan maksimal.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, UPT SPF SMPN 27 Makassar kembali memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dalam sebuah upacara bendera. Rangkaian acara sakral tersebut berlangsung khidmat dan lancar.

Upacara dipusatkan di lapangan sekolah setempat di dijalan Daeng Tata Kompleks Hartaco Indah No 99 Kelurahan Parang Tambung Kecamatan Tamalate, Minggu pagi 1 Oktober 2023.

Upacara dipimpin langsung Kepala UPT SPF SMPN 27, H. Nurdin, S.Pd SH M.Pd yang bertindak sebagai Pembina Upacara.

Upacara dihadiri jajaran guru SMPN 27, para staf sekolah, tenaga honorer Laskar Pelangi, anggota Pramuka serta ratusan pelajar SMPN 27. Tampak kepala sekolah dan kalangan guru mengenakan baju korpri. Sementara para peserta didik atau siswa siswi mayoritas mengenakan pakaian seragam sekolah.

Dalam upacara pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, pasukan Pengibar Bendera atau Paskibra SMPN 27 yang terdiri dari perwakilan siswa putra dan putri sukses menunaikan tugas mengibarkan bendera dengan baik. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di lapangan sekolah.

Selanjutnya, Kepala Sekolah (Kepsek SMPN 27, H. Nurdin dalam amanatnya menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan pentingnya untuk menjaga keutuhan NKRI dengan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Ia juga memberikan apresiasi kepada semua peserta didik yang hadir upacara karena telah bersedia datang melaksanakan upacara meski dilaksanakan di hari Minggu

“Terimakasih kepada anak-anaku yang telah datang pada hari ini, berarti kalian adalah orang yang sadar, tahu bahwa Pancasila adalah dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kepsek dilapangan sekolah.

(@hms27-RuRi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *