Pemkab Sinjai Gelar Kegiatan Pembinaan Sekolah Adiwiyata

SINJAI, Kosongsatunews.com – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menggelar Pembinaan Sekolah Adiwiyata tahun 2024, di Aula Handayani Dinas Pendidikan Sinjai, Selasa (6/8/2024).

Hadir membuka pembinaan ini Penjabat (Pj.) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah yang diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, Andi Irwansyahrani Yusuf.

Program Adiwiyata merupakan program yang mendorong warga sekolah untuk menciptakan kondisi sekolah yang bukan hanya sebagai tempat pembelajaran, melainkan wadah penyadaran agar turut bertanggung jawab dalam penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

“Tujuannya adalah untuk memberikan pembinaan kepada Sekolah Adiwiyata dalam pengisian kuisioner dalam bentuk macro excel”, Ungkap Kepala DLHK Sinjai, H. Sofwan Sabirin dalam sambutannya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Andi Irwansyahrani Yusuf saat membacakan sambutan Pj. Bupati Sinjai menitipkan harapan agar DLHK, Dinas Pendidikan, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai dapat terus bersinergi dan berkolaborasi agar seluruh sekolah di Kabupaten Sinjai dapat menjadi Sekolah Adiwiyata.

“Pembinaan hari ini menjadi momentum bagi kita semua untuk bersama-sama berkomitmen melaksanakan program Adiwiyata dan dapat menerapakan perilaku peduli dan berbudaya lingkungan hidup diseluruh sekolah”, Ujarnya.

Meskipun di Kabupaten Sinjai jumlah sekolah yang menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup masih sangat sedikit, namun Pemkab berharap sekolah tersebut, dapat naik jenjang menjadi Sekolah Adiwiyata berskala provinsi bahkan nasional.

“Yang belum Adiwiyata semoga dapat menjadi Sekolah Adiwiyata segera, dan yang sudah menjadi sekolah Adiwiyata Kabupaten dapat naik jenjang menjadi Sekolah Adiwiyata provinsi bahkan nasional, menjadi sekolah mandiri sehingga menjadi percontohan bagi sekolah lain”harapnya.

Adapun peserta dalam pembinaan ini para Kepala Sekolah tingkat SD, SMP, SMA, dan sederajat sementara narasumbernya merupakan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulsel.

Turut hadir perwakilan Disdik, Perwakilan Kantor Kemenag Sinjai, Perwakilan Tim Penggerak PKK Sinjai, Tim pembina Adiwiyata Kabupaten, dan Tim Adiwiyata Sekolah se-Kabupaten Sinjai.(Humas Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *