Upacara Puncak Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI Ke-79 di Sinjai: Refleksi Empati dan Hrapan

Sinjai, kosongsatunews.com — Upacara puncak peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 di Kabupaten Sinjai telah berlangsung dengan penuh khidmat dan lancar di Alun-Alun Sinjai Bersatu. Perayaan ini, digelar pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024, pukul 10.00 WITA, dimulai dengan bunyi sirine yang menggema selama satu menit, menandai detik-detik bersejarah tersebut.

Ketua DPRD Sinjai, Lukman H. Arsal, memimpin pembacaan Naskah Proklamasi, sementara Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah, bertugas sebagai Inspektur Upacara (Irup) dengan Pakaian Dinas Upacara (PDU) putih serta ped hitam berlambang Burung Garuda.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Sinjai mengedepankan pentingnya menanamkan sikap empati, peduli, dan saling menghargai sebagai cerminan cinta terhadap tanah air.

“Sikap empati dan penghargaan terhadap sesama adalah catatan penting dalam HUT RI tahun ini,” kata T.R. Fahsul Falah. Ia juga menyampaikan harapan agar Sinjai dapat terus berkembang, makmur, dan sejahtera di masa depan.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Andi Jefrianto Asapa, serta para pejabat utama Pemkab Sinjai, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD. Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai, Cut Resmiati, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Sinjai, Rini A. Jefrianto, turut meramaikan perayaan.

Tim Paskibraka, yang terdiri dari 70 anggota, turut memberikan kontribusi penting dalam acara tersebut. Dhian Wahyunirtanti dari SMAN 1 Sinjai dan Aqilah Nazhifah S. dari MAN 1 Sinjai dipercaya sebagai pembawa baki, sementara Lettu (Inf) Sahabuddin, Danramil 1424-01 Sinjai Utara, menjabat sebagai komandan upacara. Selain itu, penarik bendera dan pembentang bendera berasal dari SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Sinjai.

Tema tahun ini, “Nusantara Baru Indonesia Maju”, mencerminkan tekad untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan bangsa serta daerah. Perayaan ini tidak hanya memperingati kemerdekaan tetapi juga mencerminkan semangat baru untuk masa depan yang lebih baik.(Uc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *