Ops Zebra Pallawa 2024 Resmi Dimulai: Kapolres Sidrap Tekankan Disiplin Berlalu Lintas

SIDRAP, —  Kapolres Sidrap, AKBP Dr. Fantry Taherong, S.H., S.I.K., M.H. memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Pallawa 2024 yang dilaksanakan di halaman Mapolres Sidrap, Senin (14/10/2024).

Apel gelar pasukan ini dihadiri Dandim 1420/Sidrap LETKOL Inf. Awaloeddin, S.I.P., Kasat Pol PP dan Damkar Pemkab Sidrap Usman Denma, S.Sos., Kabid Dinas Perhubungan Pemkab Sidrap Bahar, Kabid Dinas Kesehatan Pemkab Sidrap Sudarmin Suharmin, Para Kabag, Kasat dan Perwira Staf Polres Sidrap, serta Para Kapolsek jajaran Polres Sidrap.

Kegiatan ini dalam rangka untuk mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman

Dalam arahannya, Kapolres menegaskan bahwa Operasi Zebra Pallawa 2024 akan berlangsung selama 2 pekan dengan fokus pada upaya preemtif, edukatif dan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas yang sering menjadi penyebab kecelakaan.

Operasi yang resmi di mulai pada 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024 dengan sasaran utama meliputi :

– Memasang rotator dan sirene bukan peruntukan

– Penertiban ranmor memakai pelat rahasia atau pelat dinas

– Pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur

– Kendaraan melawan arus

– Berkendara di bawah pengaruh alkohol

– Menggunakan HP saat berkendara

– Mengemudi tidak menggunakan sabuk keselamatan atau safety belt

– Melebihi batas kecepatan

– Sepeda motor berboncengan lebih dari satu

– Kendaraan roda empat atau lebih tidak layak jalan

– Kendaraan roda empat atau lebih tidak dilengkapi perlengkapan standar

– Kendaraan roda dua atau roda empat tidak dilengkapi STNK

– Melanggar marka jalan atau bahu jalan

– Penyalahgunaan TNKB diplomatik

“Operasi ini merupakan bagian dari upaya kita mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sidrap. Saya meminta seluruh personel untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab serta menjaga sikap humanis dalam menindak pelanggar,” ujar Kapolres.

Apel ini diikuti oleh seluruh jajaran kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan. Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menekankan pentingnya sinergi antara instansi terkait demi tercapainya operasi yang maksimal.

Dengan terpasangnya pita biru dilengan kiri, personel kepolisian Polres Sidrap siap bergerak di berbagai titik strategis untuk memaksimalkan penertiban. Kapolres berharap masyarakat dapat bekerja sama dengan mematuhi peraturan yang ada, sehingga tujuan operasi ini dapat tercapai, yaitu menciptakan lalu lintas yang tertib dan aman bagi semua pengguna jalan. (MDS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *