Sinjai Rayakan HUT RI Dengan Empati

Sinjai, kosongsatunews.com  – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Sinjai, melalui Dinas Sosial, melaksanakan kegiatan anjangsana yang menargetkan rumah-rumah warga, khususnya penyandang disabilitas dan masyarakat kurang mampu di Kecamatan Bulupoddo dan Sinjai Utara pada Selasa (13/8/2024).

Acara ini dipimpin oleh Penjabat Ketua TP PKK Sinjai, Cut Resmiati, sebagai manifestasi kepedulian pemerintah terhadap kelompok masyarakat yang membutuhkan. Selain bersilaturahmi, istri Pj. Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah, bersama rombongan, juga memberikan bantuan sembako kepada 15 keluarga yang terdiri dari 6 penyandang disabilitas, 2 lansia terlantar, dan 7 masyarakat kurang mampu.

“Alhamdulillah, hari ini kami, bersama ibu Forkopimda dan organisasi perempuan di Kabupaten Sinjai, melakukan kunjungan sosial ke beberapa penyandang disabilitas di wilayah ini,” ujar Cut Resmiati.

Cut Resmiati menjelaskan bahwa anjangsana adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam momentum peringatan HUT RI. Ia juga menyampaikan harapan agar kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut secara rutin, tidak hanya pada HUT RI, tetapi juga setiap bulan,” harapnya.

Sementara sejumlah sumber dari berbagai kalangan yang diminta tanggapannya terkait giat  tersebut menyebutkan “Inisiatif anjangsana pihak Pemkab Kabupaten Sinjai tersebut merupakan contoh konkret dari aplikasi kebijakan inklusi sosial yang efektif. Kegiatan ini tidak hanya memenuhi aspek keterjangkauan bantuan sosial, tetapi juga memperkuat jaringan dukungan sosial bagi kelompok rentan.”

Sementara sumber lainnya, menilai, “Pendekatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam mendistribusikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan adalah langkah strategis dalam mitigasi kesenjangan sosial. Langkah ini meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan sosial.”

Salah satu penerima bantuan, Ibu Hesti, ibu dari Nur Afifah yang merupakan penyandang disabilitas, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dan bantuan yang diberikan.

“Terima kasih atas kunjungan ibu PJ Bupati bersama rombongan. Saya sangat terharu,” ujarnya.

Dengan kegiatan anjangsana ini, pemerintah berharap dapat memberikan semangat dan dukungan yang berkelanjutan bagi mereka yang membutuhkan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ibu-ibu Forkopimda dan Darma Wanita Kabupaten Sinjai. (Yusuf Buraerah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *