Perkenalkan Sejarah, Kepala SD Inpres Sambung Jawa 1 Ajak Siswa Outing Class di Museum Kota Makassar

KOSONGSATUNEWS.COM – Tidak hanya melaksanakan aktivitas belajar mengajar di dalam kelas namun juga melaksanakan pembelajaran di luar kelas atau outing class. Salah satunya dengan kegiatan outing class di tempat atau gedung yang bernilai sejarah.

Kegiatan ini dilakukan oleh UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa 1 Makassar di gedung Museum Kota Makassar (MKM) di Jalan Balai Kota No. 11 A, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Museum Kota Makassar sendiri menjadi salah satu bukti sejarah pemerintahan kota Makassar yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan dan penyebarluasan informasi yang bersifat edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek sejarah dan budaya.

Menurut Kepala UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa 1 Hj. Zohrah M, S.Pd outing class yang dilakukan di museum Kota Makassar diikuti oleh peserta didik mulai tingkatan kelas satu hingga kelas enam. Total keseluruhan peserta outing class 172 orang. Dengan rincian peserta didik sebanyak 159 orang dan guru pendamping sebanyak 13 orang.

Lanjutnya bahwa, mengunjungi museum kota Makassar dengan maksud untuk mengenalkan nilai sejarah ataupun peradaban manusia di masa lalu. Karena museum adalah tempat menyimpan benda-benda peninggalan bersejarah sehingga sangat tepat untuk mempelajari sejarah yang ada di museum kepada peserta didik.

Selain itu menurutnya, mengunjungi museum adalah program pemerintah yang perlu di apresiasi. Karena dengan program tersebut tidak saja dapat menginformasikan
mengenai sejarah Makassar melainkan juga akan menumbuhkan kreativitas dan karakter siswa.

“Jadi agenda outing class dengan mengunjungi museum sangat bermanfaat bagi seluruh siswa. Karena ini menjadi salah satu cara memberikan wawasan dan pengetahuan sesuai pembelajaran yang relevan. Disamping itu, siswa semakin mengerti dan memahami keberadaan museum yang begitu penting,” bebernya.

Jika ditarik kebelakang, program outing class yang dilakukan UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa 1 bukan baru kali ini saja. Sebelumnya, peserta didik UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa 1 juga melakukan outing class di tempat pembuatan kapal legendaris Pinisi di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, jalan Metro Tanjung Bunga. (#RR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *